Pengalaman Pertamaku Naik Angkutan Umum

Reporter

Anindya

Jumat, 2 November 2018 16:39 WIB

Angkutan umum yang digunakan penumpang dari Bima menuju Sape di Pelabuhan Sape, Nusa Tenggara Barat. Tempo/Francisca Christy Rosana

TEMPO.CO, Jakarta - Buat sebagian besar orang, menumpang angkutan umum adalah hal yang biasa. Apalagi di kota besar seperti Jakarta, angkutan umum sangat membantu ketersediaan moda transportasi para pegawai.

Tapi, aku akan bercerita pengalamanku naik kendaraan umum untuk pertama kalinya. Memang, naik angkutan umum untuk pertama kalinya terdengar menggelikan dan memalukan. Aku lebih sering dan suka bepergian dengan sepeda motor kemana mana. Jadi, tak mengherankan jika aku masih awam banget dengan angkutan umum.

Waktu itu aku dalam keadaan sakit jadi aku disuruh orang tua buat balik ke kampung halaman naik kereta prameks jogja – solo. Aku yang berprinsip bisa jadi mandiri berharap bisa sampai di tujuan tanpa bantuan orang lain. Aku memberanikan diri berangkat ke stasiun kereta diantar temen yang kebetulan rumahnya searah dengan stasiun.

Di stasiun kereta, aku memesan tiket untuk keberangkatan pukul 5 sore dan ternyata HABIS, alhasil aku harus menunggu di stasiun sampe jam 8 malam. Kesalahan pertamaku adalah aku terlalu bersemangat untuk pulang sehingga tidak berpikir untuk mengecek ulang jadwal keberangkatan kereta.

Setelah mendapatkan tiket, aku agak sedikit bingung karena ada tulisan tanpa tempat duduk di tiketku, tapi karena aku pemalu dan ga mau kelihatan awam, jadi aku diam aja. Kata orang, usahakan agar kamu tidak terlihat bodoh di tempat umum lantaran bisa diincar orang jahat.

Advertising

Setelah beberapa observasi melirik tiket orang lain, ternyata memang semua tiket bertuliskan tanpa tempat duduk. Saat keretaku hampir datang, aku pindah ke ruang tunggu seberang dan bersyukur karena aku bertemu teman sekelas yang ternyata stasiun tujuan kita sama.

Fasilitas dan pelayanan kendaraan umum tidak seburuk bayanganku. Ruang yang bersih dan wangi ditambah pelayanan yang baik menambah kebahagiaanku untuk memilih pulang dengan angkutan umum. Semula aku beranggapan bahwa naik kendaraan umum akan memakan waktu yang lebih lama, namun ternyata lebih cepat dengan rute yang benar.

Bagi kalian yang mau naik angkutan umum pastikan kalian cek jadwal keberangkatan. Naik kendaraan umum sangatlah disiplin waktu karena menyangkut kepentingan orang banyak. Pernah waktu itu aku salah naik bis sehingga rute yang ku tempuh harus memutar. Ketika sudah sampai di stasiun, keretaku sudah berangkat dua menit sebelum aku sampai. Sedih rasanya, setelah itu aku memutuskan untuk pulang naik bis umum.

Pengalaman naik bus ini juga pertama kalinya aku alami. Orang rumah menyarankan aku untuk memilih bus besar antar provins.

Tapi bus yang dimaksud tak kunjung datang. Alhasil, aku naik bus kota yang lumayan padat penumpangnya. Di dalam bus aku kepanasan karena memang tidak ber AC dan rute yang diambil tidak sesuai dugaanku. Bus yang aku tumpangi berjalan menyusuri sudut-sudut kota hingga ke jalan di pelosok, sampai 3 jam aku duduk di dalam bus akhirnya aku mengerti mengapa orang orang menyarankan untuk memilih bus besar yang ber AC.

Keesokan harinya ketika aku mau balik ke Jogja, aku diantar oleh paman di terminal. Setelah beberapa menit menunggu, aku menemukan bus besar antar provinsi tujuan Jogja. Setelah naik, aku merasakan perbedaan antara bus AC dan bus kota yang kemarin aku tumpangi.

Tulisan ini sudah tayang Portal-uang

Berita terkait

MRT Bakal Perbarui Mesin Pembaca Kartu

13 jam lalu

PT MRT Jakarta (Perseroda) berencana memperbarui mesin pembaca kartunya dalam waktu dekat.

KA Lodaya Kini Gunakan Kereta Stainless Steel New Generation

16 jam lalu

PT KAI Daop 2 Bandung mengoperasikan KA Lodaya relasi Bandung-Solo Balapan dengan Kereta Eksekutif dan Kereta Ekonomi Stainless Steel New Generation.

Konversi Sepeda Motor Listrik, Kementerian ESDM Gandeng Kemendikbudristek

2 hari lalu

Kementerian ESDM menggandeng Kemendikbudristek untuk mengakselerasi program konversi sepeda motor listrik.

LRT Jabodebek Layani 3,8 Juta Penumpang pada Triwulan I Tahun Ini

3 hari lalu

Light Rail Transit atau LRT Jabodebek mencatat jumlah pengguna selama Triwulan pertama 2024 mencapai 3.841.554 orang.

11 Kereta Dihentikan Sementara saat Gempa Garut

4 hari lalu

Sebanyak 11 kereta diminta berhenti sementara saat gempa Garut yang terjadi pada Sabtu, 27 April 2024 pukul 23.29 WIB.

Baca Selengkapnya

Larangan Merokok Ganja di Stasiun, Mengenal Deutsche Bahn Perusahaan Kereta Jerman yang Mengumumkan Aturan Ini

5 hari lalu

Operator kereta di Jerman Deutsche Bahn atau DB mengumumkan melarang merokok ganja di area-area stasiun. Aturan ini berlaku mulai 1 Juni 2024

Hong Kong Meluncurkan Tiket Bus Khusus untuk Wisatawan

5 hari lalu

Mulai Sabtu, 27 Juli 2024, salah satu operator bus di Hong Kong menerapkan tiket satu hari tanpa batas untuk wisatawan

5 Tips Agar Road Trip Lancar dan Berkesan

5 hari lalu

Sebelum mulai road trip, buat perencanaan dengan matang agar perjalanan lancar dan berkesan

Volume Penumpang Kereta Api di Triwulan Pertama 2024 Mencapai 11 Juta Penumpang

7 hari lalu

KAI mengoperasikan sejumlah kereta api baru, di antaranya seperti KA Argo Merbabu relasi Gambir-Semarang Tawang Bank Jateng (pp).

5 Tips Memilih Kursi Kereta Api Jarak Jauh agar Tidak Mundur

7 hari lalu

Saat bepergian jarak jauh menggunakan kereta, ketahui beberapa tips memilih kursi kereta agar tidak mundur. Berikut ini tipsnya.