Perhatikan Dua Hal Ini agar Liburan Tahun Baru Gak Ngeselin

Reporter

Ilustrasi liburan (freepik.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Kamu sudah punya agenda liburan tahun baru 2019? Biasanya, liburan tahun baru sudah ditunggu jauh-jauh hari. Beragam rencana berlibur, merehatkan badan setelah bekerja terus-terusan sudah dirancang. Sudah terbayang bagaimaa asiknya melancong ke daerah baru.

Tapi, kenyataannya, bukannya menyenangkan, liburan tahun baru malah bikin jengkel. Bukannya relaks, kamu malah merasa capek sendiri di destinasi wisata yang kamu datangi. Niatnya cari ketenangan, yang kamu dapat malah suasana yang hiruk-pikuk, penuh manusia, suara klakson, macet, dan lain-lain.Walhasil, kamu malah bete sendiri.

Di pinggir danau via unsplash.com/Masha Danilova

Pergi ke Jogja, misalnya, kamu malah kesel sendiri dengan kemacetan di Bukit Bintang atau di sekitar Malioboro yang sesak. Jangankan duduk santai, buat menggerakkan kaki saja susah banget karena kamu masuk ke dalam lautan manusia. Menanjak ke Gunung Merbabu, kamu malah capek sendiri menunggu antrean buat ke Sabana I. Tenda di mana-mana. Manusia menggeletak kecapekan di tengah jalan setapak. Rugi banget kan rasanya kalau sudah kayak gitu.

Tapi kamu nggak perlu khawatir, Sob. Kita punya 2 tips biar liburan tahun baru 2019 kamu jadi makin seru:

1. Jangan pilih destinasi populer

Orang-orang cenderung memilih melewatkan liburan tahun baru di destinasi-destinasi populer. Sebenarnya gak masalah asal kamu terima risikonya. Yang jadi persoalan adalah, ketika semua orang berpikiran buat ke destinasi-destinasi populer, tempat-tempat itu bakal sesak. Destinasi-destinasi yang sebenarnya menyenangkan pun berubah jadi menjengkelkan karena dijubeli terlalu banyak orang.

Cerita bakalan berbeda kalau kamu pergi ke destinasi-destinasi yang gak terlalu tenar. Memang, suasana di tempat itu bakalan sedikit berbeda—namanya juga tahun baru. Tapi pasti gak bakal sepadat dan sengeselin destinasi-destinasi populer, Sob.

Matahari terbit di ketinggian via unsplash.com/Tim Foster

“Ke mana, dong?” Kok malah bingung? Indonesia ini luas, lho. Pulau besarnya saja ada lima. Belum lagi pulau-pulau lebih kecil yang jumlahnya sampai belasan ribu. Alih-alih Jogja, kamu mungkin bisa pergi ke Wonosobo, Kediri, Blitar, Lasem, Probolinggo, dan lain-lain.

Begitu juga dengan gunung. Pas tahun baru, hampir dipastikan gunung-gunung yang populer bakalan  rame banget. Apalagi yang di Jawa. Slamet, Merapi, Merbabu, Lawu, Sindoro, Sumbing, Papandayan, Prau, dan Andong, pasti bakalan penuh. Jadi, ada dua pilihan: gak ke gunung, atau pergi jauh-jauh ke gunung yang gak terlalu terkenal.

Makanya liburan tahun baru 2019 besok jangan nekat pergi ke destinasi-destinasi populer, Sob—kecuali kamu memang pengen menjajal suasana rame khas tahun baru.

2. Pesan tiket, kamar hotel, dan yang lain perlu dipesan dari sekarang

Sudah jadi rahasia umum kalau liburan tahun baru adalah peak season. Kalau kamu memang mau melewatkan tahun baru di destinasi-destinasi yang turistik, persiapkan segala hal yang kamu perlukan dari sekarang.

Kamu mesti segera memesan tiket pesawat/kereta api. Semakin lama kamu menunda memesan tiket, bakal semakin tinggi pula harganya sebab tiket akan semakin langka. Kamu bisa hemat banyak banget kalau memesan dari sekarang.

Naik motor via pexels.com/bruce mars 

Selain tiket, kamu juga mesti memesan kamar untuk menginap. Persaingan mencari kamar pas liburan tahun baru bakal sengit banget, Sob. Jadi lebih baik kamu memesan dari jauh-jauh hari biar gak kehabisan kamar. Sekarang kan gampang banget tuh buat pesan kamar.

Nah, di samping tiket dan kamar, ada baiknya juga kamu segera mencari rental sepeda motor atau mobil untuk dipakai selama liburan tahun baru. Kalau mau go show, silakan. Tapi kamu mesti siap-siap buat mblusuk karena kemungkinan besar armada mobil dan sepeda motor sudah di-booking. Toh sekarang sudah banyak banget usaha rental kendaraan yang punya akun TripAdvisor.

Mudah-mudahan liburan tahun baru 2019 kamu makin menyenangkan, Sob. Jadi, rencananya mau jalan ke mana, nih?

Tulisan ini sudah tayang di TelusuRI





Sulawesi Selatan Jadi Provinsi dengan Usulan Desa Wisata Terbanyak ADWI 2022

1 hari lalu

Sulawesi Selatan Jadi Provinsi dengan Usulan Desa Wisata Terbanyak ADWI 2022

Salah satu desa wisata di Sulawesi Selatan yang masuk ADWI 2022 adalah desa wisata Campaga.


Hal yang Perlu Diketahui Wisatawan Sebelum Berlibur ke Jepang

1 hari lalu

Hal yang Perlu Diketahui Wisatawan Sebelum Berlibur ke Jepang

Jepang sudah mempublikasi panduan untuk para wisatawan dengan memberlakukan bebas visa mulai dari 11 Oktober 2022.


Ingin Untung saat Liburan, Jadi Member Traveloka Priority Sekarang

2 hari lalu

Ingin Untung saat Liburan, Jadi Member Traveloka Priority Sekarang

Kumpulkan Priority Points dan jadilah member Traveloka Priority untuk menikmati berbagai diskon tambahan dan rewards khusus saat liburan.


Saat Wisatawan Membatik Massal di Malioboro Ramaikan Hari Batik Nasional

4 hari lalu

Saat Wisatawan Membatik Massal di Malioboro Ramaikan Hari Batik Nasional

Menurut Yanuar, spontanitas untuk membatik ini dilakukan agar ada rasa memiliki batik sebagai kekayaan budaya nusantara.


Liburan Pakai Kendaraan Pribadi? Simak Tips Sebelum Road Trip

6 hari lalu

Liburan Pakai Kendaraan Pribadi? Simak Tips Sebelum Road Trip

Persiapan untuk road trip tentu berbeda dengan liburan dengan transportasi umum.


Tiga Acara HUT Kota Yogyakarta ke-266 yang Sayang Dilewatkan Wisatawan

6 hari lalu

Tiga Acara HUT Kota Yogyakarta ke-266 yang Sayang Dilewatkan Wisatawan

Wisatawan yang datang ke Yogyakarta bertepatan dengan HUT kota itu bisa ikut beragam event menarik.


Begini Cara Aman Berlibur Naik Mobil Keluarga ke Luar Kota

7 hari lalu

Begini Cara Aman Berlibur Naik Mobil Keluarga ke Luar Kota

Pada masa liburan, ruas jalan antar kota dipenuhi mobil-mobil keluarga yang hendak bertamasya.


Rencanakan Liburan Keluarga? Simak Tips Bepergian dengan Anak

7 hari lalu

Rencanakan Liburan Keluarga? Simak Tips Bepergian dengan Anak

Liburan dengan ikut serta membawa anak, mungkin akan menjadi hal yang sedikit menakutkan bagi para orang tua.


World Tourism Day 2022, Pencarian Kata Healing Naik 500 Persen di Google

8 hari lalu

World Tourism Day 2022, Pencarian Kata Healing Naik 500 Persen di Google

Kata healing semakin tenar di kalangan masyarakat Indonesia. Maknanya pun berubah, dari awalnya penyembuhan menjadi liburan.


5 Kesalahan Ini Sering Terjadi Saat Mau Liburan

10 hari lalu

5 Kesalahan Ini Sering Terjadi Saat Mau Liburan

Terkadang sesuatu yang tidak terduga terjadi dan bisa membuat liburan jadi berakhir tak menyenangkan.