Jangan Sampai Liburan Berantakan karena Foto Ngeblur

Oleh :
  • Font:
  • Ukuran Font: - +
  • Ilustrasi gadget dan aplikasi untuk traveling

    Ilustrasi gadget dan aplikasi untuk traveling

    TEMPO.CO, Jakarta - Pasti kesal kan, saat kita lagi liburan, lalu mengeluarkan kamera di ponsel kita, eh hasilnya ngeblur. Mood traveling langsung berantakan. 

    Kalo nggak mau sering-sering mengalami foto buram, kita harus tahu dulu penyebabnya agar tidak lagi menghasilkan foto yang ngeblur. Kita harus pahami dulu nih beberapa penyebab foto jadi buram: 

    1. Fokus kamera kurang tepat 

     
    Fokus kamera yang kurang tepat bisa bikin objek yang akan diambil fotonya malah jadi nggak jelas. Emang sih sekarang hampir semua smartphone punya fitur autofocus yang berfungsi untuk membidik titik fokus. 
     
    Tapi, nggak jarang ada juga bagian dari foto yang nggak jernih. Jadi sebagian keliatan jelas, eh bagian lain ada yang buram. Kan rasanya nggak banget, ya. Makanya kita harus bisa memfokuskan kamera dengan tepat pada objek yang akan kita tangkap. 
     
    Coba pakai kamera yangn didukung dengan fitur ultra night mode dengan teknologi Smart Aperture yaitu lensa pintar yang bisa menyesuaikan diafragma pada lensa secara otomatis dengan banyaknya cahaya yang masuk. Dijamin hasil jepretannya jadi lebih jernih, tajam, dan nggak kabur.

    2. Objek Foto Bergerak 

     
     
    Foto yang buram bisa muncul karena adanya gerakan pada objek foto waktu mau dipotret. Nah, ini adalah PR buat kita untuk memastikan objek bisa diam di tempat untuk beberapa saat, supaya hasil fotonya nggak blur dan enak dipandang. Kita juga bisa mengatasi masalah ini dengan mengatur flash dan menaikkan ISO. 

    3. Gerakan dari Kamera 

     
     
    Terkadang waktu memotret objek, secara nggak sadar kamera kita mungkin bergerak waktu shutter terbuka. Itulah yang menyebabkan foto buram. Supaya foto kita nggak buram ada baiknya kita cek kembali kameranya supaya nggak bergerak. 
    Dengan begitu kita bisa dapetin hasil foto yang jelas dan tajam. Adanya teknologi OIS (Optical Image Stabilizer) juga dapat membantu proses pemotretan. 

    4. Lensa Kamera Kotor 
     
    Coba cek lensa kamera terlebih dahulu, siapa tahu ternyata lensanya kotor karena nggak pernah dibersihkan. Biasanya kalo lensa kamera smartphone dalam keadaan kotor, foto yang dihasilkan juga kurang bagus. 

    Lensa bisa kotor karena jarang dibersihkan sehingga debu menempel. Atau bisa jadi karena tangan mencolek lensa. Maka dari itu, sebaiknya kita bersihin lensa kamera smartphone kita dengan rutin supaya lensanya selalu bersih dan hasil foto kita nggak ikut bermasalah. 
     
    ***

    Itu dia 4 hal yang bisa aja terjadi pada kita saat memotret dengan smartphone. Biasakan untuk memperhatikan keempat hal ini ya sebelum memotret, biar hasil fotonya jadi bagus dan menawan buat dipamerin. Kalau hasil foto keren, liburan kamu tetap lancar, tidak berantakan, moodpun senang. 

     
    Tulisan ini sudah tayang di Peridiri

    ADVERTISEMENT


     

     

    Lihat Juga



    Selengkapnya
    Grafis

    Perjalanan Ganda Putri Indonesia Masuk Semifinal Olimpiade Pertama dalam Sejarah

    Pasangan ganda putri Greysia Polii dan Apriyani Rahayu, lolos ke semifinal badminton di Olimpiade 2020. Prestasi itu jadi tonggak olahraga Indonesia.